fbpx
28.7 C
Bandung
Saturday, May 21, 2022
Home ALBUM PHONETIC Rilis Mini Album Hope, Made My Day

PHONETIC Rilis Mini Album Hope, Made My Day

Selama beberapa menit, mengalun sebuah lagu baru yang memperkenalkan diri kepada sepasang telinga. Bagian intro hadir tanpa basa-basi – langsung menghidangkan ‘inti lagu’ sejak awal dimulai. Memasuki detik ke-6, semua instrumen mendentum bersamaan – sama sekali tidak malu-malu, tidak perlu muncul satu per satu secara bergiliran.

Ada kejelasan konsep yang berani ditawarkan lagu ini sebagai kesan pertamanya. Selain sajian musik yang gamblang, setiap babak lagunya diselipkan ‘racun’ – yang disinyalir cocok dengan para penyuka musik segar dan bertenaga. Sebuah kemasan musikal yang terbilang jarang terdengar belakangan ini – atau mungkin saja tidak, jika produk musik yang didengar berasal dari musisi Eropa atau Amerika Serikat.

Namun, jika ternyata konsep musik selugas ini justru hadir dari kreator Tanah Air, akan menarik untuk mendekat sejenak dengan ‘masakan’ satu ini: sebuah mini album berjudul “Hope, Made My Day”, dari band baru asal Kota Bandung, bernama Phonetic.

“Hope, Made My Day” merupakan mini album / EP dari Phonetic, unit alternative-pop asal Bandung yang kental akan nuansa electronic dance-rock. Dari cara mereka memilih jenis ketukan, selipan-selipan, fills-in, hingga aneka shout & chants, tampak ada kematangan musikal yang Phonetic coba tawarkan sebagai band baru.

Dalam EP ini terdengar catchy, bahkan berhasil mengajak mulut terbawa-bawa untuk mengikuti bagian-bagian lagu yang memantik sistem indera – mulai dari riff gitar, unsur funk, ketukan drum yang tegas namun kaya irama, lapisan-lapisan hook yang masih terasa ‘indie’, hingga cara bernyanyi yang repetitif dalam melantunkan tonal-tonal easy-listening.

EP “Hope, Made My Day”, hadir sebagai susunan audio yang tidak hanya penuh akan suara, dan segar dari segi warna. Segera terasa, bahwa semua elemennya ‘diaduk’ dengan cara yang baik, sehingga bersatu-padu di dalam sebuah atmosfir bunyi – yang tidak heran jika membuat siapa saja penasaran untuk menyaksikan Phonetic secara live.

Tanpa bermaksud meng-generalisir atau menyempitkan pemaknaan akan suatu karya musik, “Hope, Made My Day” adalah sapaan hangat dari Phonetic berisi layanan audio bernuanasa elecetric dance-rock, sebuah gaya musik yang populer di zaman lawas. Phonetic tetap membalut genetika musiknya dengan modern-attitude yang juga disukai segmen-segmen di luar dance-rock, funk-soul, atau jenis-jenis musik lain dari era disko. Bisa disimak, melalui hadirnya kreasi sound-design berjenis overdrive, reverb, dan vocoder dalam takaran yang cukup – sehingga “Hope, Made My Day” tetap universal.

Melalui “Hope, Made My Day”, Phonetic berupaya agar karya-karyanya kelak melekat di kalangan remaja-dewasa, para music-lovers di rentang usia 18-35 tahun. Belum lagi adanya literasi yang mengandung positive-vibrate, yakni beberapa potongan lirik optimistis nan penuh percaya diri. Kampanye musikal ini tak hanya bisa menambah daya tarik, namun juga menjadi sumbangsih terhadap narasi publik hari ini, bahwa setiap perbaikan hanya akan hadir dari upaya diri sendiri – tidak menunggu pihak lain. Sebuah sikap mental yang dimanifesti ke dalam lirik.

Sebagai band Bandung – yang di mana kota ini dikenal akan kekuatan genre-genre musik tertentu, sebagai simbol suatu komunitas atau tren – Phonetic terlihat senada dengan energi percaya diri dari ‘jargon’ di atas. Phonetic melakukan debutnya, justru sebagai band baru yang tidak menawarkan produk musik berdasarkan warna-warna yang sedang marak di suatu kalangan atau tempat.

Bicara soal warna musik – atau ‘resep musik’ Phonetic dalam ‘memasak lagu’ – band dengan 4 (empat) orang personil ini telah menjadi pengusung era new-pop di Indonesia. Walau tidak menutup kemungkinan, masih akan ada band-band lokal atau global yang juga memiliki kesamaan ‘bumbu dasar’, Phonetic akan tetap punya ‘cara masak’ tersendiri, untuk turut mengembangkan new-pop / new-wave sebagai brand atau komoditas baru di pasar musik yang kian heterogen.

Perilisan EP Hope, Made My Day rencananya hari jumat tanggal 5 November 2021 dengan single terdahulu Make It Better dan Stay di semua platform digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Popular

Single Terbaru Noise Reduction Yang Berjudul “Back Home”

Noise Reduction kembali dengan single terbarunya yang berjudul "Back Home" pada tanggal 22 Oktober 2021 yang merupakan kelanjutan dari single pertama yang...

“Kelas Merdeka” Single terbaru Blingsatan! Musik, Seruan dan Gerakan!

Kabar terbaru dari Blingsatan adalah akan dirilisnya single yang bertajuk “Kelas Merdeka” apa yang berbeda dari rilisan ini. yaitu muatan pesan yang...

FILTHS merilis single terbaru berjudul “stagnation”

Kami band Bernama FILTHS terbentuk pada awal tahun 2012 tepatnya pada bulan maret, genre music yang kami naungi yaitu Metalcore, Modern...

Bertema Spirit Of Creativity, AMI Awards 2021 Umumkan Nominasi Untuk 55 Kategori

Pengumuman Nominasi Anugerah Musik Indonesia ke-24, AMI Awards telah sukses digelar beberapa waktu lalu. Acara yang diadakan secara daring ini turut pula dihadiri oleh Dwiki...