fbpx
28.7 C
Bandung
Friday, February 26, 2021
Home News Formasi Baru dengan Wajah Lama, DIVIDE Sampaikan Rasa Kepedihan Melalui ‘Menyakitkan’

Formasi Baru dengan Wajah Lama, DIVIDE Sampaikan Rasa Kepedihan Melalui ‘Menyakitkan’

Berdinamika. Mungkin kata yang tepat dalam menggambarkan kembalinya DIVIDE dengan single ‘Menyakitkan’ yang melankolis dan diwarnai perubahan formasi band. Tak seperti rilisan sebelumnya, yang biasanya terdengar agresif, single ‘Menyakitkan’ menawarkan warna yang berbeda kepada pendengar. Single ‘Menyakitkan’ sudah dirilis di tanggal 13 November 2020 dan dapat diputar di seluruh layanan musik digital. Sebelumnya, unit rock berbasis Bintaro, Jakarta Selatan ini merilis EP berjudul ‘Nirwana’ di awal tahun 2020. 

Single ‘Menyakitkan’ juga menjadi ajang reuni DIVIDE dengan gitaris / vokalis lama mereka, Danindra Ilham Kamil, atau yang akrab disapa Uda. Bergabungnya Uda bisa dilihat dalam video klip ‘Menyakitkan’ yang juga sudah bisa disaksikan di kanal YouTube milik DIVIDE. Uniknya, meskipun Uda juga berposisi sebagai vokalis, seluruh vokal di lagu ‘Menyakitkan’ dinyanyikan sepenuhnya oleh Dendenk yang memang mengisi posisi Uda sebelumnya.

Seolah menggambarkan dinamika kehidupan yang tidak terus-terusan berada di atas dan bertempo cepat, melalui ‘Menyakitkan’ DIVIDE ingin menggambarkan bagaimana seseorang saat berada di titik terendah di hidupnya, dan tidak ada yang mengetahui akan hal tersebut. Kepedihan tersebut tergambar dengan baik dengan nuansa aransemen yang lebih melankolis dan bertempo pelan. DIVIDE juga terdengar bereksplorasi menggunakan unsur suara elektronik di beberapa bagian. Namun dalam komposisi yang dibuat oleh Pradipta Beawiharta, DIVIDE tidak semerta-merta meninggalkan sisi heavy mereka  yang selama ini lekat dengan nuansa musik post-hardcore.

DIVIDE melalui lirik yang ditulis oleh Dhenaldi Savirio meyakini di titik terendah hidup manusia, ada rasa sakit saaat melawan rasa takut dan kecemasan. Memang, kehidupan manusia tidak akan selalu baik-baik saja, dan tidak apa-apa jika kita menerima dan tidak melawan keadaan tersebut. 

“Lagu ini bakal terdengar sangat berbeda apabila dibandingan dengan lagu-lagu kita sebelumnya, bukan hanya karena minimnya part scream dan tempo yang relatif pelan, tapi karena di sini kita merasa berhasil mengawinkan dengan baik antara lirik dan juga musik, yang di mana semestinya pesan dari lagu lebih mudah tersampaikan.”

“Untuk ke depannya pun bukan berarti kami akan terus menulis lagu dengan warna seperti ini, mungkin tidak akan sekeras sebelumnya, tapi bukan berarti juga akan melembek. Intinya kami bakal terus mencoba untuk explore menulis lagu yang dengan warna yang belum pernah kami lakukan sebelumnya,” ujar DIVIDE.

Di video klip ‘Menyakitkan’, DIVIDE turut menampilkan teman-teman dan juga para pendengar mereka untuk berpartisipasi di dalam video klip. Footage video yang dikirimkan oleh teman-teman dan pendengar tampil bergantian di sela-sela adegan personil DIVIDE memainkan lagu ‘Menyakitkan’ di video yang digarap oleh Video dibuat oleh Romghi Mahardika & BLVCKMOOSES, lalu diedit oleh Adrybros. DIVIDE sendiri memang mengajak mereka untuk berpartisipasi via media sosial mereka di akhir September lalu.

Penggarapan single ‘Menyakitkan’ dijaga oleh produser Wisnu Ikhsantama Wicaksana yang juga bertanggung jawab hingga proses mixing di Soundpole Studio. Sedangkan proses mastering-nya dipercayakan kepada Azimuth Mastering. Untuk sampai ke telinga pendengar, seluruh distribusi digital single ‘Menyakitkan’ dibantu oleh Sun Eater.

ClaimBits - Earn FREE Bitcoins!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Popular

THIRD FLOOR menyajikan nuansa Emo yang lebih modern

Third Floor adalah band Emo asal bandung yang terbentuk pada tahun 2006 dan sempat berhibernasi lama. kini telah bangun dari tidur panjangnya...

Heaven Sent – Musik Disco ala Sleep Shelter

Setelah 7 bulan sejak rilisnya Faults, Sleep Shelter akhirnya merilis lagi single terbarunya yang bertajuk Heaven Sent. Tidak hanya dengan format duo,...

“Cintai Diri Sendiri”, Pesan Penting Rama Davis Dalam Single ‘I’m Okay’

Musisi asal Indonesia, Rama Davis kembali dengan karya terbarunya di tahun 2021 ini dengan judul ‘I’m Okay’. Ini sekaligus menjadi penanda era baru Rama Davis selepas dirilisnya ‘Better On You’ di akhir...

Inhell Unit Grindcore Asal Bandung Luncurkan Album Teranyar Bertajuk Phobia

Terbentuk di Bandung, pada tahun 2013 “INHELL” menjadi sebuah band Grindcore punk yang bebrbeda dengan band-band pada umumnya, INHELL lahir dari gang-gang...