fbpx
28.7 C
Bandung
Sunday, July 25, 2021
Home INDIEBDGMUSIC TV INDIEBANDUNGMUSIC LIVE SESSION #13 SAFFAR

INDIEBANDUNGMUSIC LIVE SESSION #13 SAFFAR

INDIEBANDUNGMUSIC LIVE SESSION #13 SAFFAR

SAFFAR adalah band Death Metal yang berasal dari Ujung Berung, Bandung, Jawa Barat – Indonesia. Jika mendengar deathmetal fikiran kebanyakan orang akam identik dengan kebrutalan dan kematian, tapi itu semua gugur begitu saja jika kita menyimak

deathmetal yang diusung dan disajikan band satu ini. Kecuali font band mereka yang memang didesain untuk merepresentasikan musik SAFFAR, selebihnya mereka menyuguhkan warna musik berbeda dibanding band deathmetal pada umumnya.

Ada banyak pemikiran di scene underground-music, entah itu: anarkisme, komunisme, sosialisme, veganisme, straightedge, queercore, christian-rock, dan masih banyak lagi. Semua itu bebas, asal tidak mengganggu satu sama lain. Kecuali Nazisme, rasisme dan fasisme, itu jelas harus dilawan bersama.

Di negara yang bermayoritaskan agama Islam, tentu di Indonesia ada beberapa band / musisi di scene underground yang bertendensi membawa panji-panji Islam ke dalam musik, lirik maupun pergerakan mereka. Ya, subgenre atau movement ini disebut sebagai Taqwacore.

Salah satu band asal Bandung yang mengsusung genre tersebut adalah Saffar.

Saffar adalah sebuah trio death-metal asal Bandung yang memainkan style technical death-metal / brutal-death. Band ini terbentuk dari personil beberapa band death-metal scene Bandung, seperti: Lumpur, Auticed, Desire dan Inquisisi.

Pada tahun 2013 Saffar telah merilis album berjudul “Mandatory El Arshy” di bawah label extreme-metal lokal legendaris, Extreme Souls Production.

Di single dan juga music-video yang berjudul “Mandatory El Arshy”, Saffar juga featuring Ali Utrujjah, salah satu rapper taqwacore Jakarta (yang sedikit mengingatkan kami akan Thufail Alghifari, rapper taqwacore lokal yang cukup kontroversial, terutama karena pernah bersitegang dan men-diss Homicide pada tahun 2005/2006 melalui lagu “Homicide Is Dead”).

Bisa jadi “Mandatory El Arshy” adalah album Muslim Death-Metal yang pertama di Indonesia. Karena terlepas dari ideologi yang Saffar junjung, kami cukup menikmati musik mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Most Popular

Ajakan Asteriska ‘Barasuara’ untuk peduli dengan Bumi melalui single terbaru , ‘Ibu Pertiwi’

Penyanyi dan pencipta lagu Asteriska mengungkapkan kecintaannya terhadap Planet Bumi melalui karya terbarunya, “Ibu Pertiwi”. Dirilis di platform-platform musik digital mulai 18 Juni 2021, “Ibu...

MAKHLUK HALUS DALAM BALUTAN THRASH METAL

Mendengar kalimat Thrash Metal bagi generasi sekarang mungkin terdengar cukup jadul. Di tengah gempuran arus genre musik keras lain seperti Hardcore, Metalcore,...

Atavisti Rilis Single Terbaru Nyana

“Siapa nyana dan siapa menduga, semua kebutuhan manusia dicukupkan dan semua keinginannya dipenuhi. Apakah manusia akan bersyukur dengan kondisi yang diberikan tersebut?”

Berawal Dari Jalan #Samar

Butuh waktu lima tahun bagi Moh Farid Azhari (Aid) bandung dari tidur lelapnya. Hengkanya dia dari tubuh Closehead tidak lantas menurunkan produktifitas...